Jika kalian penggemar Fate Series pasti gak akan asing lagi dengan game yang satu ini. Game Fate/Grand Order merupakan game mobile buatan Aniplex Inc. yang juga merupakan rumah produksi untuk serial anime-nya. Mengusung sistem pertempuran turn-based, Fate/Grand Order berhasil mempesona banyak orang, terutama para pecinta anime.

Seperti yang kita tahu bahwa game ini bercerita asli tentang pertempuran Cawan Suci yang telah berlangsung selama berabad-abad dan pertempurannya sendiri adalah 7 Magis yang disebut Master memanggil roh pahlawan yang disebut Servant dan kemudian para Master dan Servant tersebut berperang untuk mendapatkan sebuah Cawan Suci yang dapat mengabulkan segala permintaan.



Lalu bagaimana gameplay dari game ini ? Secara overall game ini berbasis Gacha yang berarti keberuntungan kalian akan diuji di game ini. Untuk mendapatkan servant kalian harus melakukan Summoning, dan untuk melakukan 1 kali Summon itu dibutuhkan 3 Saint Quartz(SQ), Saint Quartz itu sendiri bisa didapat dari Quest/membelinya dengan uang asli melalui Playstore. 1 Saint Quartz-nya sendiri bisa dibilang cukup mahal yaitu Rp 15.000,- per 1 SQ itu artinya kalian harus mengeluarkan uang sebesar 45.000 untuk melakukan gacha 1 kali dan diingat bahwa SQ ada 2 jenis yaitu Paid dan Free secara keseluruhan keduanya bersifat sama, hanya saja untuk Paid bisa kalian pakai di Guaranteed Gacha.



Untuk battlenya sendiri, bisa dibilang cukup bagus, strategi kalian akan diuji juga di sini karena inti dari game ini adalah otak kalian, maksudnya kalian harus pandai dalam memilih servant yang cocok dengan gameplay kalian. Dalam Battle akan terdapat 5 Kartu yang tersedia dan hanya 3 yang bisa kalian pilih untuk menyerang dan kartu itu diacak sesuai dengan servant kalian, kartu tersebut ada 3 jenis yakni Buster, Art, dan Quick. Ketiga jenis kartu ini memiliki fungsi masing - masing, Buster untuk Damege, Art untuk Noble Phantasm(NP), dan Quick untuk Gain Critical Star. Dan kartu yang  kalian pilih pertama kali akan memberikan efek ke 2 kartu yang lain. Selain itu jika kalian memilih 3 kartu dengan servant yang sama maka akan ada kartu Extra Attack yang nantinya dikeluarkan saat serangan ketiga sudah selesai.



Secara keseluruhan, game ini bisa dibilang menyebalkan. Kenapa? karena sistem gachanya yang sangat tidak masuk akal. Jika kalian sebelumnya bermain game gacha seperti FIFA/PES atau game gacha lainnya mungkin akan lebih mudah menemukan karakter yang bagus. Tapi tidak dengan FGO, kenapa?  seperti yang saya bilang tadi, game ini sangat mengandalkan keberuntungan kalian jadi walau kalian membeli SQ untuk Gacha tidak akan menjamin kalian mendapat servant bagus. Dan menyebalkannya lagi, game ini selalu memberikan Banner Droprate Up servant yang menggiurkan dan jika kalian masuk ke grup khusus FGO mungkin kalian akan banyak terkena garem wkwk. Maka dari itu FGO adalah game yang menguji kesabaran kalian, intinya jangan putus asa dalam main game ini karena Servant SSR(Super Super Rare/5 Star) akan datang pada kalian dengan sendirinya.


Dalam segi ceritanya, FGO ini menyajikan cerita yang dapat kita pilih. Maksudnya dalam Story kalian bisa memilih alurnya sendiri dan setiap alur akan berbeda beda. Maka menurut saya, game ini memiliki story yang wah karena alurnya yang sangat banyak, bayangkan hampir disetiap quest itu ada storynya biasanya dalam 1 quest itu terdapat 1-5 Battle dan terdapat alur story yang dapat kita pilih sendiri maka betapa hebatnya pengarang cerita dari game ini.

Sekian review dari saya, ingat inti dari game ini adalah kesabaran !! SSR akan datang sendiri pada waktunya. Jangan Rush untuk mendapat SQ untuk Gacha !!

Post a Comment

Previous Post Next Post